Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo secara resmi mengukuhkan Forum Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kecamatan Bilato di Kantor Desa Bumela, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Menurut Nelson, Forum UMKM memiliki peran penting dalam mendata pelaku usaha, memberikan pembinaan, serta memfasilitasi dukungan baik dari pemerintah daerah maupun lembaga keuangan agar mendapatkan fasilitas permodalan.

"Dengan pendampingan dan fasilitasi yang baik, pelaku UMKM dapat menerima bantuan dari pemerintah dan lembaga keuangan, sehingga usaha mereka dapat berkembang dengan baik," ujar Bupati, di Gorontalo, Jumat.

Bupati mengucapkan selamat kepada Forum UMKM yang baru saja dikukuhkan, berharap agar amanah tersebut dapat dijalankan dengan baik. Ia pun mendorong anggota Forum UMKM untuk saling berkoordinasi dan mengembangkan usaha masing-masing.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gorontalo Arifin Suaib menjelaskan bahwa di Kecamatan Bilato terdapat 1.128 pelaku UMKM dan lima koperasi. Potensi usaha yang dikelola meliputi sektor pertanian, perkebunan, dan pertambangan.

"Dengan adanya Forum UMKM dan berbagai potensi yang ada, diharapkan para pelaku UMKM dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian di Kecamatan Bilato," kata dia.

Selain pengukuhan Forum UMKM, pada kegiatan itu juga dilakukan sosialisasi tentang kredit usaha ultra mikro oleh PT Pegadaian.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024