Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Provinsi Gorontalo menyerahkan penghargaan dan rapor penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 kepada Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Kamis.
Pjs Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Gorontalo Wahiyudin Mamonto di Bone Bolango mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango memperoleh predikat penilaian zona kuning dengan perolehan total angka 69.97.
 
"Kabupaten Bone Bolango merupakan salah satu kabupaten yang sudah dinilai Ombudsman beberapa kali," ucap dia.
 
Tahun 2018 menjadi capaian terbaik Pemkab Bone Bolango dengan angka 81.42 atau masuk dalam zona hijau penilaian dengan predikat kepatuhan tinggi.
 
Pada penilaian tahun 2023 terdapat dua unit instansi yakni dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Bone Bolango yang memperoleh predikat kepatuhan tertinggi se Provinsi Gorontalo dengan total nilai 94.31 dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bone Bolango dengan total nilai 91.47.
 
"Namun angka tersebut tidak diikuti oleh instansi lainnya. Sehingga total nilai akumulasi yang didapat oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango adalah 69.97," kata Wahiyudin.
 
Jika dibandingkan dengan total nilai yang didapat dari tahun sebelumnya, yakni penilaian pada tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Bone Bolango mendapat total nilai 62.93.
 
Memang terdapat kenaikan dari jumlah total nilai yang didapat, namun hal tersebut belum cukup untuk dapat mendongkrak Kabupaten Bone Bolango memperoleh zona hijau dalam kepatuhan terhadap penyelenggaraan standar pelayanan publik sesuai dengan undang-undang No 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik.
 
Wahiyudin menyampaikan, upaya perbaikan pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Bone Bolango juga dapat terlihat dari peningkatan hasil penilaian pada setiap unit penyelenggaraan pelayanan publik
 
"Terdapat dua unit layanan yang nilai akhirnya masuk pada zona hijau kualitas tertinggi, yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone Bolango dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta terdapat satu unit layanan masuk pada zona hijau kualitas tinggi yakni Puskesmas Kabila," tambahnya.


Menurut dia, apresiasi kepada unit yang memperoleh zona hijau perlu diberikan dan menjadi perhatian bagi pemerintah daerah. Dukungan-dukungan anggaran serta hal lain diharapkan dapat menjadi semangat dan dorongan untuk terus dapat berbenah dan meningkatkan kualitas pelayanan publik yang ada pada unit pelayanan nya.

Pjs Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Gorontalo Wahiyudin Mamonto (kanan) bersama Bupati Bone Bolango Merlan Uloli (kiri) pada penyerahan rapor penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 di kantor Bupati Bone Bolango, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Kamis (25/1/2024). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024