Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli menyebut peringatan Hari Ulang tahun (HUT) Ke-21 Kabupaten Bone Bolango menjadi momentum pemerintah kabupaten setempat untuk terus melayani dan menyejahterakan masyarakat di daerah itu.

Hal tersebut diungkapkan Merlan usai peringatan HUT ke-21 Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo di halaman kantor Bupati, Sabtu.

"Ikhtiar kita membangun daerah ini telah menampakkan hasil yang sangat signifikan, bukan hanya pada aspek birokrasi tapi juga pada aspek sosial, ekonomi dan infrastruktur," ucap dia setelah peringatan HUT Ke-21 Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo di Bone Bolango, Sabtu.

Ia mengatakan 21 tahun Kabupaten Bone Bolango berdiri bukanlah waktu yang singkat dengan ragam romantika yang senantiasa menyertai lika-liku perjuangan yang penuh dinamika.

"Kita berkomitmen untuk terus menorehkan sejarah dan meninggalkan warisan untuk anak cucu generasi penerus pembangunan di daerah ini," kata dia.

Bupati perempuan pertama di Bone Bolango itu, mengungkapkan pada usia ke-21, Bone Bolango telah meraih berbagai prestasi bersama seluruh masyarakat dengan menjadikan daerah tersebut menjadi kabupaten maju di Provinsi Gorontalo dengan Indeks Pembangunan Manusia 71,97 persen.

Selain itu, peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah menjadi 4,45 persen, mengurangi angka pengangguran terbuka menjadi 3,39 persen, menurunkan angka kemiskinan menjadi 15,51 persen, rasio gini menjadi 0,325 persen, meningkatkan angka harapan hidup menjadi 70,91 persen, meningkatkan angka harapan lama sekolah menjadi 13,67 persen, dan rata-rata lama sekolah menjadi 8,35 persen.

Selain itu, meningkatkan indeks pembangunan gender menjadi 88,72 persen, meningkatkan indeks desa membangun menjadi 0,76 persen, meningkatkan system pemerintahan berbasis elektronik menjadi 2,95, serta membentuk kelompok informasi nasyarakat.

"Prestasi dan capaian yang diraih ini merupakan buah kerja cerdas, kerja cepat dan kerja ikhlas dari kita semua seluruh pemangku kebijakan yang ada. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih," kata Merlan.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Hamim Pou dan para mantan bupati lainnya yang telah bersama memimpin dan membangun daerah tersebut.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024