Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya optimistis keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) yang telah disiapkan pemerintah di daerah itu, akan mampu menciptakan banyak sumber daya manusia (SDM) handal dan terampil.
 
"Saya harap masyarakat dari seluruh kabupaten dan kota dapat memanfaatkan BLK ini untuk mengasah kemampuan dan menciptakan banyak karya khas daerah," kata Ismail Pakaya di Gorontalo, Senin.
 
Pembangunan BLK yang segera rampung Tahun 2024 ini pun segera bisa dimanfaatkan.
 
Harapannya semakin banyak warga yang dapat memanfaatkan fasilitas BLK yang disiapkan, sehingga makin banyak SDM terampil di Gorontalo.
 
Kondisi ini tentu penting bagi pembangunan daerah di berbagai bidang. Di antaranya menciptakan banyak penjahit terampil yang bisa menghasilkan karya terbaik.
 
Tentu daerah dapat menghasilkan produk-produk garmen berkualitas, seperti seragam sekolah maupun seragam kantor dan lain sebagainya.
 
"Kita tidak perlu membeli dari luar daerah, karena SDM kita bisa menghasilkan produk berkualitas dengan kuantitas yang banyak pula. Ini menjadi harapan kita semua," katanya.
 
Kerajinan tangan sulaman karawo pun diharapkan dapat menjadi produk garmen berkelas Nusantara bahkan dunia yang dapat dihasilkan dari penjahit-penjahit Gorontalo.
 
"Saya berharap banyak SDM bisa memanfaatkan BLK ini dengan baik," katanya.
 
Gubernur pun berharap Gorontalo dapat memanfaatkan program penciptaan SDM melalui komunitas atau dikenal BLK komunitas melalui pesantren, lembaga keagamaan, dan yayasan yang merupakan program Kemenaker RI.
 
Permintaan dapat diajukan sesuai dengan prosedur, jumlah petunjuk teknis Kemenaker, dan sesuai keperluan serta potensi daerah masing-masing.
 
"Keberadaan BLK dipastikan dapat melahirkan SDM yang menguasai keahliannya serta bisa membuka usaha sendiri, bahkan lapangan kerja baru," imbuhnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024