Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Untuk memperingati Hari Kartini, sejumlah karyawan Rumah Sakit Aloe Saboe (RSAS) Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, mengenakan kebaya saat melakukan pelayanan.

Dian Avianti Nadjamudin, salah seorang karyawan RSAS, Kamis, mengatakan untuk merayakan Hari Kartini dengan berperan lebih aktif dalam pelayanan perawatan.

"Untuk mendukung emansipasi wanita yang digagas RA Kartini, kami karyawan RSAS melakukan pelayan dengan basis insting keibuan, agar lebih tulus dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Menurutnya, seorang wanita bukan hanya dapat menjadi ibu rumah tangga namun dapat lebih aktif dalam pelayanan masyarakat.

Sementara itu, karyawan RSAS lainnya Evarianti Katili, mengatakan untuk menggelorakan perjuangan emansipasi dari Kartini, ia turut memperingatinya dengan mengenakan kebaya.

"RA Kartini, terkenal dengan semboyannya `Habis Gelap Terbitlah Terang`, jadi dulu wanita itu hanya di rumah saja, RA Kartini mengubah kami para perempuan agar dapat lebih berperan seperti saat ini, yaitu dalam pelayanan kesehatan masyarakat," ucapnya.

Menurutnya, peringatan Hari kartini, tidak hanya dengan mengenakan kebaya saja, tapi dengan cara meningkatkan kinerja.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016