Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango melaksanakan monitoring dan evaluasi pembentukan sekretariat badan ad hoc di wilayah pesisir Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango Sutenty Lamuhu di Gorontalo, Selasa mengatakan hal tersebut dilakukan untuk memastikan sejauh mana kesiapan badan ad hoc yang ada di wilayah pesisir Bone Bolango.

"Kita memastikan kesiapan badan ad hoc dalam melaksanakan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, di tingkat kecamatan dan desa," kata Sutenty Lamuhu.

Menurut dia hal ini perlu dilakukan, mengingat badan ad hoc memiliki peran penting dalam penyelenggaraan Pilkada, karena di dalamnya merupakan panitia pemilihan kecamatan (ppk), dan panitia pemungutan suara (pps).

Ia mengatakan pembentukan sekretariat hingga kantor ppk dan pps kali ini, dilakukan di lima wilayah yakni Kecamatan Bone, Bone Raya, Bulawa, Bone Pantai, dan Kabila Bone.

Sutenty Lamuhu berpesan, agar ppk dan pps di lima kecamatan itu, bisa melaksanakan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya, dan tetap berpedoman pada peraturan yang berlaku dalam setiap menjalankan tugas.

"Kita juga harus pastikan, semua hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada 2024 di wilayah pesisir ini, benar-benar berjalan dengan baik," kata Sutenty Lamuhu.

Ia menabahkan, monitoring dan evaluasi seperti itu merupakan bagian dari upaya KPU Bone Bolango, dalam menjamin kelancaran penyelenggaraan Pilkada 2024.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024