Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo melakukan kunjungan kerja dalam rangka membangun koordinasi dengan pihak Kepolisian Resor Kota (Polresta) Gorontalo Kota.

Ketua KPU Kota Gorontalo Mario S. Nurkamiden di Gorontalo, Rabu mengatakan koordinasi dengan Kepolisian itu, berkaitan dengan persiapan pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Hal ini penting untuk memastikan kelancaran jalannya pemilihan walikota dan wakil walikota Gorontalo, sekaligus perkenalan kami sebagai Komisioner KPU Kota Gorontalo yang baru," kata Mario.

Ia mengatakan, jika belajar dari pelaksanaan Pilkada beberapa tahun lalu, proses Pilkada di Kota Gorontalo memang kerap kali diwarnai dengan potensi gesekan.

Oleh karena itu kata dia, diperlukan kerja sama yang baik antar semua elemen, termasuk Kepolisian, untuk mencegah dan mengatasi potensi konflik.

"Membangun koordinasi dengan kepolisian adalah bagian dari tujuan kami dalam mensukseskan penyelenggaraan pilkada di Kota Gorontalo," kata dia.

Sementara itu Kapolresta Gorontalo Kota Kombes Pol. Ade Permana mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai kesiapan dalam hal pengamanan proses pelaksanaan Pilkada 2024.

Menurut Kapolresta koordinasi dan komunikasi adalah hal yang penting dilakukan oleh Kepolisian dan KPU, dan yang pasti segala pelaksanaannya harus berpedoman pada peraturan Undang-Undang yang berlaku.

Ia menambahkan, kerja sama yang erat dan koordinasi yang baik antara KPU dan Polresta Gorontalo Kota menjadi kunci untuk memastikan pelaksanaan Pilkada yang aman, lancar, tertib dan damai.

"Kami siap mendukung dan mengamankan setiap tahapan Pilkada 2024," imbuhnya.

Pewarta: Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024