Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian (Bapppeda) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Helmi Potutu mengatakan pembangunan jalan pedestrian di ibu kota kabupaten tersebut sangat memerlukan dukungan masyarakat.

"Saat ini pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Gorontalo sementara merampungkan pembangunan jalan pedestrian sepanjang 1,2 kilo meter yang ada di depan kantor bupati," kata Helmi di Gorontalo, Sabtu.

Dukungan masyarakat sangat diperlukan agar pembangunan tersebut dapat rampung maksimal sesuai target.

Mengingat pembangunan jalan tersebut sebelumnya direncanakan sepanjang 2 kilo meter, namun hanya dapat dikerjakan sepanjang 1,2 kilo meter.

"Kami terkendala dengan dukungan masyarakat akibat ada ruang yang terlalu dekat dengan rumah warga. Olehnya pemerintah daerah berharap masyarakat dapat memberikan dukungan pada setiap program pembangunan khususnya infrastruktur jalan di daerah ini. Dukungan masyarakat sangat penting dalam merealisasikan pembangunan yang sangat diharapkan," kata Helmi.

Jalan pedestrian tersebut merupakan segmen dari pembangunan jalan ruang Isimu Kabupaten Gorontalo ke Molingkapoto Kecamatan Kwandang hingga Kecamatan Atinggola di kabupaten ini.

Alokasi anggaran pembangunan ruas jalan nasional tersebut mencapai Rp200 miliar dengan konsep tahun jamak (multiyears) yang dikerjakan pada Tahun Anggaran 2023 dan 2024.

"Kami (Bapppeda) meminta pihak BPJN memberi perlakuan khusus pada pembangunan jalan pedestrian sepanjang 1,2 kilo meter tersebut mengingat ruas itu ada di depan kantor bupati. Sehingga penataannya harus benar-benar indah sebagai ikon pusat pemerintahan di kabupaten ini," kata Helmi.



 
Perencanaan hasil akhir pembangunan jalan pedestrian di depan kantor bupati Gorontalo Utara sepanjang 1,2 kilo meter. (ANTARA/HO-dokumen Bapppeda Gorontalo Utara)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024