Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, fokus pada penguatan sektor ekonomi lokal, seperti pertanian, perikanan, dan pariwisata serta pengembangan industri kreatif dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mencapai kemandirian daerah.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, usai musyawarah perencanaan pembangunan daerah (musrenbang) untuk rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) 2025-2045, di Gorontalo, Kamis.

"Kita akan bersama-sama merumuskan strategi dan program pembangunan yang berkelanjutan, inklusif, dan berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Nelson.

Ia menekankan kegiatan itu bukan sekadar formalitas, melainkan wujud komitmen untuk melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam perencanaan pembangunan.

"Partisipasi aktif dari semua pihak pemerintah, sektor swasta, akademisi, hingga masyarakat sipil sangat penting agar pembangunan dapat menjawab kebutuhan dan aspirasi masyarakat," ujar Bupati.

RPJPD periode 2025-2045 Kabupaten Gorontalo memiliki visi "Kabupaten Gorontalo Sejahtera, Mandiri, Maju, dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan".

Hal itu, kata Bupati, mencerminkan harapan untuk menciptakan daerah yang berkembang secara ekonomi, mandiri, modern, dan berwawasan lingkungan.

Pada kesempatan itu, Bupati Nelson juga menekankan pentingnya pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"Pendidikan dan kesehatan adalah dua sektor yang harus kita perhatikan serius. Setiap anak harus mendapatkan akses pendidikan berkualitas, dan kita harus mempersiapkan guru yang kompeten serta sarana prasarana penunjang lainnya," kata dia.

Sedangkan untuk bidang kesehatan, Nelson memastikan pelayanan kesehatan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan menyediakan tenaga medis profesional

"Mari kita bekerja bersama dengan semangat gotong royong, sinergi, dan kolaborasi untuk mewujudkan Kabupaten Gorontalo yang lebih baik di masa depan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini," kata Nelson pula.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024