Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meminta pemerintah kabupaten setempat melakukan inovasi dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Target pendapatan harus mampu direncanakan hingga angka Rp50 miliar per tahun. Mengingat dalam kurun waktu tiga empat tahun terakhir pemerintah daerah baru dapat menargetkan PAD sekitar Rp38 miliar dengan realisasi mencapai sekitar Rp34 miliar. Tahun 2025 harus berani menargetkan, bahkan merealisasikan lebih dari angka sebelumnya," kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Gorontalo Utara Dedi Dunggio, di Gorontalo, Selasa.

Menurutnya, pengelolaan keuangan oleh pemerintah daerah semakin baik dengan prestasi meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2023.

"Kami (DPRD) berharap prestasi ini mampu diimbangi dengan kerja keras dalam meningkatkan pendapatan daerah khususnya bersumber dari pajak dan retribusi daerah," katanya.

Beragam investasi yang mulai hadir di daerah tersebut, kata dia, perlu disikapi dengan penataan dan pengelolaan sumber penerimaan dari pajak dan retribusi. Apalagi sesuai rekomendasi BPK RI bahwa masih banyak potensi PAD Gorontalo Utara yang belum dimaksimalkan. Bahkan potensinya mencapai lebih dari Rp50 miliar per tahun.

"Saya berharap daerah mampu menggapai target tersebut, didukung dengan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah. Produk hukum ini pun harus dapat menjadi instrumen dalam pengelolaan barang milik daerah yang efisien dan efektif sebagai salah satu potensi sumber pendapatan dengan tidak mengurangi fungsi barang milik daerah sebagai penunjang pelayanan publik," katanya pula.

Penjabat Bupati Gorontalo Utara Sila Botutihe mengatakan pemerintah daerah terus mendata potensi sumber penerimaan bagi daerah termasuk di sektor pajak.

"Kami data setiap potensi sumber penerimaan kemudian melakukan sosialisasi di ruang publik dalam optimalisasi meningkatkan pendapatan daerah," katanya lagi.

Pemerintah kabupaten pun intensif melakukan pertemuan dengan para pemangku kepentingan dalam upaya melakukan inovasi program dalam meningkatkan sumber penerimaan bagi daerah.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024