Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menggelar rapat koordinasi persiapan pemenuhan persyaratan calon, pada pemilihan bupati dan wakil bupati Bone Bolango tahun 2024.

Ketua KPU Bone Bolango Sutenty Lamuhu di Gorontalo, Rabu mengatakan rapat koordinasi ini adalah agenda yang begitu penting dalam mempersiapkan tahapan pendaftaran bakal calon kepala daerah.

"Tujuannya untuk memberikan penjelasan secara detail dan penyebarluasan informasi kepada pihak yang berkepentingan, dalam mempersiapkan proses pencalonan kepala daerah," kata Sutenty.

Ia mengatakan, seperti tercantum dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) 8 Tahun 2024, yakni mulai dilaksanakan sejak 27 sampai 29 Agustus 2024, sementara untuk pengumumannya mulai pada 24 Agustus 2024.

Menurutnya, pada rapat koordinasi itu sengaja menghadirkan para pemangku kepentingan sebagai narasumber yang dinilai berkompeten di bidangnya masing-masing.

Selain itu, para narasumber yang memberikan materi, berhubungan langsung dengan mekanisme terkait administrasi, yang wajib dipenuhi oleh masing-masing bakal pasangan calon pada saat mengajukan pendaftaran.

Ia berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan ini, bisa mempermudah seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Bone Bolango.

"Ini adalah bagian dari upaya kami dalam menyukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Bone Bolango," tambahnya.

Selain ketua dan anggota KPU Kota Gorontalo, kegiatan ini turut dihadiri oleh pihak Bawaslu, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Kemenkumham, Polres Bone Bolango, Dinas Kesehatan, KPP Pratama, BNNK, Dinas Pendidikan, media, hingga perwakilan dari partai politik dan utusan bakal calon perseorangan.*

Pewarta: Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024