Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Aznan Nadjamudin mengimbau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memantau kondisi wilayah rawan bencana di daerah itu.

"Karena cuaca hujan cukup tinggi di wilayah Kabupaten Bone Bolango," ucap Aznan di Gorontalo, Kamis.

Ia meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, serta OPD pembina kecamatan untuk bersiaga, memantau, serta melaporkan, kondisi wilayah atau kecamatan binaan masing-masing.

Pada hari Minggu (25/8) hujan deras dengan intensitas sedang dan lebat yang melanda wilayah Kabupaten Bone Bolango menyebabkan debit air dari saluran warga dan beberapa tanggul jebol serta aliran anak sungai meningkat.

Laporan dari pantauan masyarakat air mulai meluap Senin (26/8) dan mulai menggenangi pemukiman warga di Kecamatan Bone, Bonepantai, Kabila Bone, dan Suwawa Selatan.

BPBD Kabupaten Bone Bolango melakukan koordinasi dengan dinas terkait dan pihak pemerintah kecamatan dan desa untuk melakukan pendataan korban dan infrastruktur terdampak banjir.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango telah menyediakan makanan siap saji dan tempat pengungsian di Gedung PKBM bagi warga yang rumahnya memang benar-benar sudah tidak bisa ditempati karena terendam air.

Selain itu Pemkab Bone Bolango telah melakukan pelayanan kesehatan dan mulai membuka dapur umum untuk menanggulangi makan dan minum bagi warga yang terdampak banjir.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024