Gorontalo, (ANTARA GORONTAO) - Kabupaten Gorontalo Utara siap menjadi daerah pemasok ternak sapi potong di wilayah Sulawesi dan Kalimantan, khususnya untuk kebutuhan hari raya Idul Adha.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) setempat, Zuherman Zul, Senin, mengatakan, populasi ternak sapi di daerah ini telah mencapai lebih dari 23 ribu ekor.

Sehingga tidak hanya siap memenuhi kebutuhan sapi potong di tingkat lokal, namun akan menjadi pemasok untuk daerah lain.

Zuherman mengatakan, produksi ternak sapi melalui sistem kandangan berhasil meningkatkan populasi ternak sapi.

Meski kendala persaingan harga ternak sapi yang kalah rendah dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), terus diupayakan melalui peningkatan produksi ternak.

Seluruh kelompok ternak didorong mengembangkan usaha peternakan, sehingga mampu menaikkan jumlah ternak dan menjadikannya sebagai usaha pokok.

Untuk tahun 2013 ini, pemerintah daerah kata Zuherman, menyalurkan bantuan sapi pejantan dengan harapan mampu memacu pembibitan ternak yang akan meningkatkan jumlah kepemilikan ternak.

Penyaluran bantuan dilakukan merata di seluruh wilayah potensi, sebanyak 43 ekor per kecamatan seperti di Kecamatan Tolinggula, Gentuma, Kwandang dan Tomilito.

"Kita berharap target populasi ternak berbanding sama dengan jumlah penduduk di daerah ini, akan tercapai pada tahun 2015 nanti," ujar Zuherman.

Pewarta: Oleh Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013