Sebanyak 25 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) wilayah pesisir utara Provinsi Gorontalo mengikuti kegiatan orientasi yang dilaksanakan di Kota Gorontalo.

Sekretaris DPRD Gorontalo Utara Fahrudi Lasulika di Gorontalo, Jumat, mengatakan masa orientasi anggota DPRD periode 2024 hingga 2029 tersebut akan berlangsung hingga hari Ahad (1/9).

Kegiatan orientasi bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap dan semangat pengabdian anggota DPRD dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pembekalan diikuti seluruh anggota DPRD baik mereka yang menjabat pada periode sebelumnya maupun para anggota yang baru saja terpilih dan telah dilantik sebagai anggota DPRD periode 2024 hingga 2029.

Ia mengatakan sebanyak 25 kursi di DPRD kabupaten di wilayah pesisir tersebut, dengan jumlah penduduk mencapai 129 ribu jiwa tersebar di 11 kecamatan yang pada pemilu 14 Februari 2024, terbagi di enam daerah pemilihan.

Sebelum mengikuti kegiatan orientasi, DPRD dipimpin Ketua DPRD sementara Roni Imran dan Wakil Ketua DPRD sementara Deisy Sandra Maryana Datau. Rapat paripurna internal terkait kegiatan di lembaga tersebut hingga dilantiknya nanti ketua DPRD definitif dan penetapan para pimpinan DPRD definitif periode 2024 hingga 2029.

Kepala BPSDM Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki selaku pihak pelaksana orientasi mengatakan materi pelatihan orientasi tugas anggota DPRD meliputi Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan wawasan kebangsaan.

Materi lainnya tentang fungsi, tugas dan wewenang serta hak dan kewajiban anggota DPRD, sistem pemerintahan Indonesia, hubungan kerja antara DPRD dan kepala daerah, pembangunan dan pengelolaan keuangan daerah, serta isu-isu aktual di daerah.*
Kegiatan orientasi DPRD Gorontalo Utara yang diikuti 25 anggota DPRD periode 2024 hingga 2029 berlangsung di Kota Gorontalo sejak 28 Agustus hingga 1 September 2029. Pihak BPSDM Provinsi Gorontalo menjadi pelaksana kegiatan orientasi. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024