Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo telah menyelesaikan pemeriksaan administrasi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada tahun 2024.

Plh Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Windarto Bahua di Gorontalo, Jumat mengatakan KPU telah menyelesaikan beberapa tahapan krusial dalam proses pemilihan setelah menyelesaikan proses pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan pada 2 September yang lalu.

"KPU melanjutkan dengan verifikasi faktual terkait administrasi persyaratan calon di berbagai lokasi. Langkah ini merupakan bagian dari upaya memastikan seluruh calon memenuhi syarat yang ditetapkan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya," ucap Windarto.

Ia mengungkapkan bahwa KPU telah menyelesaikan pemeriksaan administrasi serta menelaah hasil pemeriksaan kesehatan dan verifikasi faktual. Hasil dari proses verifikasi ini telah diunggah ke dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon), yang kini dapat diakses oleh semua pihak terkait untuk memantau perkembangan secara transparan.

Windarto mengungkapkan, ada beberapa bakal pasangan calon (Bapaslon) yang belum memenuhi syarat sesuai ketentuan.

"Jika terdapat kekurangan atau hal-hal yang mengakibatkan bakal pasangan calon belum memenuhi syarat, calon diharapkan segera melakukan perbaikan atau memberikan penjelasan tambahan. Proses perbaikan ini dapat dilakukan hingga 8 September," jelas Windarto.

KPU Kabupaten Gorontalo memberikan kesempatan kepada calon untuk memperbaiki kekurangan atau memberikan klarifikasi agar proses pencalonan berjalan lancar. Hal itu bertujuan untuk memastikan seluruh calon yang terdaftar benar-benar memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Selanjutnya, KPU akan memberikan penjelasan lebih rinci mengenai mekanisme dan teknis proses pencalonan untuk memastikan kelancaran pemilu yang akan datang.

Dengan langkah-langkah tersebut, KPU berharap proses pemilu dapat berlangsung secara adil dan transparan, memberikan kesempatan yang sama bagi semua calon untuk berkompetisi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024