Dua orang pejabat tinggi pratama di Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Gorontalo ditunjuk menjadi penjabat sementara (Pjs) di Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango.

"Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menunjuk dua pejabat tinggi pratama tersebut, berdasarkan Surat bernomor 100.2.3 hingga 3817 Tahun 2024 yang sudah ditandatangani pada Kamis 19 September 2024," kata Kepala Dinas Kominfotik(Komunikasi, Informatika dan Statistik) Provinsi Gorontalo Rifli Katili di Gorontalo, Senin.

Dua pejabat Pemprov Gorontalo yang ditunjuk yakni Syukri Botutihe sebagai Pjs Bupati Gorontalo dan Budiyanto Sidiki sebagai Pjs Bupati Bone Bolango.

Keduanya dijadwalkan dikukuhkan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin pada Selasa (24/9).

"Sudah ada surat dari Mendagri soal penunjukan Penjabat Sementara Bupati. Pak Syukri di Kabupaten Gorontalo dan Pak Budi di Bone Bolango. Pengukuhan insya Allah, Selasa besok pukul 15.00 WITA di aula Rumah Jabatan Gubernur,” kata Rifli.

Pjs Bupati akan bertugas sebagai kepala daerah hingga bupati definitif selesai melaksanakan cuti di luar tanggungan negara untuk berkampanye di Pilkada 2024.

Ada lima tugas Pjs bupati yakni memimpin penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, memelihara ketertiban dan ketentraman serta memfasilitasi pilkada dan menjaga netralitas ASN.

Termasuk bertugas melakukan pembahasan Raperda dan menandatangani Perda setelah mendapat persetujuan Mendagri, serta melakukan pengisian pejabat berdasarkan peraturan perundang-undangan.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dua pejabat tinggi pratama Gorontalo jadi penjabat sementara bupati

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024