Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo melakukan cek daftar pemilih tetap (DPT) yang telah diumumkan di ruang publik, termasuk di Wilayah perbatasan, di antaranya di Kecamatan Biau dan Tolinggula.

"Proses penetapan DPT telah rampung. Saat ini kita telah mengumumkan DPT di seluruh Wilayah di daerah ini. Olehnya masyarakat sudah dapat mengakses DPT dan melakukan pengecekan untuk memastikan apakah sudah terdaftar dalam DPT atau belum," kata Anggota KPU Gorontalo Utara selaku koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Yudhistirachmatika Saleh di Gorontalo, Jumat.

Ia turun langsung di Wilayah perbatasan untuk memastikan DPT yang dipampang di sekitar tempat pemungutan suara (TPS) atau area publik dapat diakses oleh masyarakat pemilih dengan mudah.

Menurut pria yang akrab disapa Yudis ini, pengecekan DPT diperlukan untuk menghindari potensi tidak terdaftar dalam DPT padahal warga tersebut sudah memenuhi syarat sebagai pemilih.

Selain mengecek langsung pada DPT yang dipampang di tempat umum, KPU pun turut memberikan panduan kepada masyarakat tentang cara melakukan pengecekan DPT secara online.

"Beberapa rumah di Wilayah perbatasan kami datangi langsung dan menjumpai pemilih untuk mengecek DPT secara online," katanya.

Termasuk menjumpai beberapa pemilih yang rumahnya berada di daerah tetangga yaitu Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah namun data kependudukan-nya di Gorontalo Utara. Jadi mereka memilih di daerah ini.

"Sekitar tiga kepala keluarga pemilih di Wilayah perbatasan tersebut kami cek DPT secara online dan mereka benar terdaftar sebagai pemilih di daerah ini sebagai warga Desa Tolinggula Ulu," katanya.

KPU berharap kata Yudis, sebanyak 92601 pemilih dalam DPT tersebar di 245 TPS di 123 desa di 11 kecamatan di daerah ini, dapat proaktif mengecek DPT sebagai pemilih dalam pilkada serentak.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024