Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo dan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah, menjalin kerjasama dalam upaya pengendalian inflasi.

"Saya memboyong beberapa kepala dinas terkait ke Kabupaten Parimo dalam rangka penandatanganan kesepakatan bersama menjalin kerjasama terkait pengendalian inflasi daerah," kata Penjabat Bupati Gorontalo Utara Sila Botutihe di Gorontalo, Kamis.

Kesepakatan bersama yang ditandatangani dengan Penjabat Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo tersebut langsung ditindaklanjuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kepala Dinas Pertanian di kedua daerah ini.

"Kita berupaya mengatur produksi pertanian dan jalur distribusi dalam pemasaran hasil-hasil pertanian dalam rangka mencegah atau mengendalikan inflasi," kata Sila.

Kerjasama dijalin untuk mengupayakan agar antara permintaan dan ketersediaan stok dapat terpenuhi. Dengan begitu kata Sila, harga pasar mampu terjaga dengan stabil.

Penandatanganan kerjasama tersebut juga dirangkaikan dengan penandatanganan kerjasama antara Pemkab Parimo dan Pemkab Bone Bolango untuk hal yang sama.

"Kita sebagai daerah-daerah bertetangga berupaya dan berkomitmen bersama dalam fokus pengendalian inflasi di daerah masing-masing melalui kerjasama maupun kesepahaman yang baik," katanya.

Penandatanganan kerjasama terkait pengendalian inflasi difokuskan pada komoditas cabai, beras dan durian.

Seperti diketahui tiga komoditas tersebut merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Parimo maupun sebaliknya, yang permintaannya juga cukup tinggi di Gorontalo maupun sebaliknya.

 Tiga komoditas ini pula sangat mendominasi sebagai penyebab inflasi di tiga daerah tersebut. Sehingga upaya pengendalian inflasi melalui kerjasama tersebut diharapkan berdampak positif pada perekonomian daerah masing-masing.***
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo dan Pemkab Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah, menjalin kerjasama dalam upaya pengendalian inflasi. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gorontalo Utara) 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024