Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo menjadwalkan pelaksanaan debat publik pasangan calon (paslon) bupati dan calon wakil bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di daerah itu sebanyak tiga kali.

"Kami telah menjadwalkan pelaksanaan debat yang rencananya akan digelar di salah satu gedung komersil di pusat ibu kota kabupaten, di Kecamatan Kwandang," kata Ketua KPU Gorontalo Utara Sofyan Jakfar di Gorontalo, Kamis.

Pelaksanaan debat perdana akan berlangsung pada 28 Oktober 2024, debat kedua pada 4 November 2024 dan debat ketiga pada 15 November 2024.

Jadwal tersebut,  kata dia akan disampaikan kepada tiga pasangan calon bupati untuk diketahui.

"Sebelum pelaksanaan debat, KPU akan menggelar rapat koordinasi dengan seluruh pasangan calon," katanya.

Anggota KPU Gorontalo Utara Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Yanti Halalangi mengatakan sesuai tentatif, pihaknya sebelum hari pelaksanaan debat akan menggelar rapat koordinasi bersama tim perumus, panelis dan penghubung (LO) pasangan calon.

Tim perumus dibentuk dari kalangan akademisi dan masyarakat sebanyak sembilan orang.

Mereka bertugas menyusun materi debat mengacu pada rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) dan visi misi pasangan calon bupati.

"Kami berharap pelaksanaan debat mendapat animo dari masyarakat sebagai rangkaian tahapan pilkada di daerah ini," katanya.

Tiga pasangan calon bupati yaitu Roni Imran dan Ramdhan Mapaliey (Romantis), Thariq Modanggu dan Nurjana Hasan Yusuf (Bercahaya) serta Ridwan Yasin dan Muchsin Badar (Ridho).

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024