Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato melalui kantor perpustakaan dan arsip daerah, sengaja memilih objek wisata pantai "pohon cinta" di Marisa, sebagai lokasi bacaan bagi anak-anak di waktu senggang.

"Karena di lokasi wisata itu banyak anak-anak yang berkumpul, makanya kami memilihnya untuk mengajak mereka gemar membaca dengan membawa sejumlah buku bacaan anak di lokasi tersebut," kata Kepala Seksi di kantor perpustakaan Pohuwato Yonarti Pikoli belum lama ini.

Pemerintah setempat sengaja memilih lokasi wisata itu, selain menumbuhkembangkan minat literasi bagi anak, juga menjadikan objek wisata tempat yang ideal dengan melihat keindahan alam yang ada.

Semua program yang dilakukan pemkab itu bertujuan menambah pengetahuan bagi anak, dengan cara sederhana dan menyenangkan, karena berada di ruang terbuka dan di objek wisata.

Prosedur membaca pun terbilang mudah, yakni cukup dengan membaca di lokasi, sementara pemkab menyiapkan semua kebutuhan buku yang ada untuk dimanfaatkan oleh anak-anak.

"Bahkan jika ada anak-anak yang hendak meminjam buku untuk dibaca di rumah juga diperkenankan, yang penting wajib melaporkan ke pengelolanya," tambahnya.

Sementara untuk jadwal baca buku di lokasi itu digelar mulai pukul 16.00 wita hingga 17.30 wita.

Kantor perpustakaan berjanji untuk terus mendatangi lokasi wisata itu, dengan membawa buku yang lebih banyak lagi, karena dipastikan anak-anak juga akan terus bertambah.

Tidak hanya di lokasi wisata, kantor tersebut juga sering mengunjungi mesjid-mesjid setiap hari Jumat dan Gereja pada hari Minggu, untuk membawa koleksi buku yang ada.

Seorang anak di daerah itu mengaku bangga ada pelayananaan bacaan bagi anak-anak, serta mudah didapatkan karena dikunjungi langsung oleh pemkab.

"Hanya saja mungkin ada penambahan buku-buku lain lagi," ujar Alfatif Abas (13), salah satu anak tersebut singkat. 

Pewarta: Febriandy Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016