Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Untuk memacu industri kreatif, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, meluncurkan Kompetisi Industri Kreatif (Komik), Sabtu.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Gorontalo, Darwin Romi Sahrain mengatakan, program Komik melombakan beberapa kategori.

"Kategori yang dilombakan yaitu, periklanan, arsitektur, pasar seni dan barang antik, kerajinan, layanan komputer dan piranti lunak, serta sejumlah sektor industri kreatif lainnya," jelas Darwin.

Ia menjelaskan, program Komik digelar dalam rangka memberi apresiasi atas karya, inovasi dan kreasi masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan kerja sama antara pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) serta, tim ekonomi kreatif dan, unsur pemuda pelaku industri kreatif Kabupaten Gorontalo," tutur Darwin.

Ia menambahkan, melalui program tersebut, pihaknya ingin mengidentifikasi "start up entrepreneur" untuk dibina dan difasilitasi menjadi pelaku bisnis yang handal di masa depan.

"Termasuk bertujuan untuk mempublikasikan karya insan muda Gorontalo sebagai langkah intermediasi produsen dan konsumen produk industri kreatif," terangnya.

Selain itu, program Komik dimaksudkan untuk menstimulus perkembangan industri kreatif secara luas guna meningkatkan nilai tambah perekonomian regional.

Sementara itu, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo berharap dengan inovasi tersebut dapat menggenjot industri kreatif masyarakat untuk memanfaatkan sektor-sektor industri yang ada.

"Semoga para pelaku industri kreatif mampi melahirkan inovasi dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat, saya tunggu inovasi dan hasilnya," tutup Bupati Nelson Pomalingo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016