Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, mengoptimalkan peran relawan pemadam kebakaran "Laskar 65", untuk mencegah serta melakukan pemadaman bencana kebakaran di tingkat kecamatan.

Relawan "Laskar 65" yang bertugas membantu penanganan kebakaran yang dibentuk oleh BPBD di kecamatan yang berjumlah 25 orang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo Husni Deka, Rabu, mengatakan pihaknya mengupayakan agar Laskar 65 bisa dibentuk di lima kecamatan lainnya.

"Saat ini relawan Laskar 65 baru dibentuk di Kecamatan Limboto dan Kecamatan Boliyohuto. Kita berharap pada tahun depan relawan ini bisa dikukuhkan lagi di Kecamatan Batudaa, Tibawa dan Pulubala," jelasnya.

Laskar 65 Kecamatan Boliyohuto sendiri bertugas di lima daerah yaitu Kecamatan Boliyohuto, Tolangohula, Mootilango, Bilato dan Asparaga.

Mereka betugas untuk memberikan informasi kejadian kebakaran kepada UPT pemadam kebakaran, memberikan informasi jalur tercepat dalam penanganan kebakaran, sehingga petugas damkar dapat lebih cepat sampai ke lokasi kebakaran.

"Para relawan ini jga bertugas mengamankan jalur mobil pemadam kebakaran menuju ke lokasi kejadian agar tidak terhambat oleh masyarakat yang biasa datang memadati lokasi," ujarnya.

Selain itu kata Husni, para relawan tersebut akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah kebakaran sejak dini.

Sejak bulan Januari hingga Oktober 2017, tercatat 20 peristiwa kebakaran terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Gorontalo dan diharapkan relawan Laskar 65 mampu berperan sebagai mitra BPBD Unit Pemadam Kebakaran dalam penanggulangan dan pencegahan kebakaran.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017