Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menargetkan peningkatan partisipasi pemilih pemula di daerah itu mencapai 100 persen.

"Partisipasi pemilih pemula diharapkan meningkat signifikan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, Pileg dan Pilpres 2019, maka pendidikan bagi mereka pun terus dilakukan," ujar Komisioner KPU setempat, Gandhi Akaseh Tapu, Senin di Gorontalo.

Pada pendidikan pemilih pemula yang digelar di Kecamatan Atinggola atau wilayah timur kabupaten itu, Gandhi mengaku pihaknya menyisir kantong-kantong pemilih pemula di wilayah perbatasan tersebut.

Mereka mengundang para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sudah menjadi hak pilih dan akan menjadi hak pilih.

Agar bersemangat menjadi pemilih pemula teladan dalam menyukseskan pesta demokrasi khususnya Pilkada 2018.

Materi umum yang diberikan kata Gandhi, yaitu pengetahuan tentang pelaksanaan Pemilu, sejarah, regulasi dan materi yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019.

Sengaja kegiatan tersebut kata Gandhi, dilakukan bersamaan dengan tahapan Pemilu yang dilaksanakan KPU, agar sosialisasinya lebih optimal.

Disamping mampu memotivasi agar pemilih pemula lebih antusias memberikan hak suaranya.

Makanya kata Gandhi, kegiatan tersebut diwarnai dengan beragam simulasi atraktif.

KPU berharap, pendidikan pemilih pemula berdampak pada optimalisasi penyebarluasan informasi tentang Pemilu serta pentingnya partisipasi masyarakat dalam menyukseskannya.

Termasuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya pendaftaran sebagai pemilih di daerah itu.*

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017