Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Kantor Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) perwakilan Gorontalo akan menggelar Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Gorontalo 2018.

Pembina Forum Genre Gorontalo, Rahman Imran, Senin, mengatakan sebagai lembaga yang ikut andil dalam penyiapan kehidupan masa depan bagi remaja, BKKBN berupaya agar remaja mampu menyiapkan kehidupan berkeluarga dan mampu terhindar dari risiko TRIAD KRR.

"Oleh karena itu, tahun ini BKKBN kembali menggelar pemilihan Duta GenRe Provinsi Gorontalo tahun 2018," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa Duta GenRe terpilih akan menjadi mitra kerja BKKBN yang bertugas sebagai panutan di tengah remaja lainnya, agar mampu bersikap positif dan mampu menyebarluaskan informasi Kesehatan Reproduksi Remaja.

"Tidak hanya itu, dengan menjadi Duta GenRe semua finalis diharapkan mampu bekerja sama untuk membuat gerakan perubahan untuk Gorontalo," kata dia, lagi.

Semua finalis pun diharapkan mampu menjalankan roda organisasi Forum GenRe Gorontalo dibawah binaan BKKBN, untuk membuat gerakan inovasi dan kreasi untuk mewujudkan tegar remaja bagi Gorontalo

"Pemilihan ini bertujuan untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi program KKBPK melalui program GenRe di kalangan remaja, agar memiliki pengetahuan, sikap, dan perilaku yang postif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

Kegiatan itu juga, menurut Rahman, memiliki tujuan khusus, yaitu mengembangkan citra positif program GenRe melalui figur Duta GenRe 2018, Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di lingkungan meningkatkan promosi program KKBPK dilingkungan remaja.

Menambah luas jejaring kemitraan dan pemangku kepentingan terhadap program GenRe dan KKBPK melalui Duta GenRe. Memperkuat organisasi Forum GenRe Gorontalo sebagai wadah untuk berkontribusi bagi remaja dan untuk remaja dan mencari anggota baru yang siap dan mampu menjalankan organisasi Forum GenRe Gorontalo.

Peserta yang dapat mengikuti pemilihan ini antara lain warga negara Indonesia dan berdomisili di Gorontalo, usia minimal 16 Tahun dan maksimal 22 tahun pada November 2018, tinggi badan minimal 165 cm (putra) dan 155 cm (putri).

Pendidikan terakhir minimal SMP, belum menikah, berkepribadian baik dan berpenampilan menarik, tidak pernah terlibat tindakan kriminal, asusila, ataupun penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, menguasai kebudayaan,adat,bahasa daerah gorontalo serta menguasai bahasa asing minimal bahasa Inggris, menguasai materi TRIAD KRR, Kesehatan Reproduksi Remaja, Lifeskill, delapan fungsi keluarga dan wawasan umum lainnya.

Mampu bekerja sama dalam tim, berkomitmen untuk aktif bergabung dalam organisasi, memiliki visi dan misi untuk memajukan organisasi PIK, memiliki jiwa kepemimpinan dan bersedia mewakili Gorontalo ke tingkat nasional jika terpilih.

"Pendaftaran decara dalam jaringan (Daring) dan pemasukan berkas sendiri akan dibuka pada tanggal 22 Februari hingga 10 Maret 2018 dan malam grand final direncanakan pada 2 Maret 2018," pungkas Rahman.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018