Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, terus mempersiapkan diri jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, Marni Nisabu, Senin, mengatakan saat ini telah dilaksanakan simulasi dan gladi bersih untuk memastikan kesiapan fasilitas dan kesiapan peserta.

"Untuk jadwal pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP), itu akan dilaksanakan mulai tanggal 23-26 April 2018 mendatang," jelasnya.

Ia mengaku sebelum pelaksanaan UN, saat ini sedang berlangsung Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) yang dilaksanakan dari tanggal 9 sampai dengan 17 April 2018.

"Untuk soal ujian, itu 25 persen soal dari Kemendikbud dan 75 persen soal disusun oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)," ujarnya.

Penyusunan soal melibatkan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan guru inti MGMP, masing-masing mata pelajaran empat orang guru.

Marni mengatakan, pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP tahun pelajaran 2017/2018 ini, terbagi menjadi dua program pelaksanaan, yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

"Sebanyak 34 SMP Negeri dan 1 SMP Terbuka yang akan mengikuti Ujian Nasional tahun ini, dengan jumlah peserta ujian 2.125 siswa," kata dia, lagi.

Ia menambahkan, untuk sekolah yang melaksanakan UNBK, 16 SMP Negeri dan 1 SMP Terbuka dengan jumlah peserta sebanyak 1.494 siswa. Sementara yang melaksanakan UNKP ada 18 SMP Negeri dengan jumlah peserta ujian sebanyak 721 siswa.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018