Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Kantor Bahasa Gorontalo menggelar sosialisasi pemilihan Duta Bahasa tahun 2018 di lingkungan mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Senin.

Zuhria Tahaku, Sekretaris Panitia Duta Bahasa menjelaskan, tujuan dilaksanakannya pemilihan tersebut merupakan jalan untuk mencari pemuda yang dapat menjadi laskar guna membantu pihak mereka dalam pelestarian bahasa.

"Melalui ajang ini dapat mempermudah kami menemukan pemuda yang akan membatu kami mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pengutamaan penggunaan bahasa Indonesia, pelestarian bahasa daerah, serta menguasaan bahasa asing," katanya.

Adapun syarat dari pemilihan tersebut di antaranya untuk putra dan putri harus berusia minimal 16 tahun dan maksimal 25 tahun.

"Selain itu calon peserta juga harus memiliki wawasan kebahasaan, kebangsaan dan kebudayaan daerah," ungkapnya.

Peserta juga harus memiliki tinggi badan untuk putra minimal 165 cm, dan untuk putri 155 cm.

Ia menambahkan, ada beberapa seleksi yang akan dilewati oleh para peserta yaitu uji kemahiran berbahasa indonesia, tes wawancara, tes proposal kegiatan, tes kebahasaan yang terdiri dari bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing.

"Bagi Duta Bahasa Gorontalo 2018 yang terpilih akan menjadi salah satu finalis pada ajang pemilihan Duta Bahasa Nasional," tutupnya.
 

Pewarta: Siti Hardianti

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018