Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Satuan Radar (Satradar) 224 TNI Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, siap mendukung upaya pemerintah daerah setempat dalam mengantisipasi kekeringan.

"Kami siaga dengan armada tanki air dan siap menyalurkan air bersih di wilayah yang mengalami kekeringan atau krisis air bersih," ujar Komandan Satradar 224 AURI Kwandang, Mayor Lek Syafrullah Hasan di Gorontalo, Rabu.

Ia mengaku, selama ini satuannya juga bergerak dalam kegiatan sosial. termasuk ikut mengantisipasi dampak kekeringan dengan menyalurkan air bersih.?

"Kami selalu siap siaga menunggu permintaan dukungan untuk mengatasi kekeringan yang potensial terjadi di daerah ini," ujarnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan menggelar program penghijauan dengan menanam seribu bibit pohon. Lkasi penanaman sudah disiapkan tinggal menunggu jadwal pelaksanaannya.

Disamping itu, juga menggelar kegiatan Jumat bersih dalam rangka Hari Bakti TNI AU ke-71 pada 29 Juli 2018, khusus di daerah itu.

Pihaknya melibatkan unsur TNI dan Polri bersama masyarakat untuk membersihkan beberapa titik lokasi utama, seperti lokasi pasar jajan Moluo Kwandang yang strategis sebagai objek paling ramai dikunjungi masyarakat di pusat ibu kota kabupaten, serta sepanjang jalur pesisir di wilayah objek wisata Benteng Orange yang ada di Desa Jembatan Merah, Kecamatan Tomilito.

Kegiatan sosial itu, kata Syafrullah, melibatkan unsur pemerintah daerah, khususnya kehadiran Bupati Gorontalo Utara dan jajarannya, dalam mendukung peran TNI AU di tengah-tengah masyarakat.

Serta TNI AU dalam mendukung pemerintah daerah dalam menjalankan program penghijauan dan mengatasi permasalahan sosial yang kerap muncul agar bisa diatasi bersama.

"Kegiatan memasyarakatkan gotong royong membersihkan lingkungan, termasuk objek wisata unggulan di daerah ini," ujarnya.

Satradar 224 AURI Kwandang, juga menggelar kegiatan donor darah pada peringatan Hari Bakti TNI AU ke-71, yang dipusatkan di kompleks asrama di Desa Jembatan Merah, Kecamatan Tomilito, dihadiri pemerintah daerah serta didukung pihak PMI Provinsi Gorontalo dan jajarannya.

Baca juga: Satradar 224 AURI Kwandang Gelar Donor Darah

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018