Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Lampung mengunjungi obyek wisata Benteng Otanaha di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis.

Salah seorang peserta SMN asal Lampung Deva Saputri mengatakan di benteng bersejarah itu terdapat tiga benteng yaitu Otanaha, Otahiya dan Ulupahu.

"Dari tiga benteng yang ada disini dan di setiap benteng ada celah yang digunakan untuk melihat musuh," ujarnya.

Ia mengungkapkan, memang bentuk dari benteng otanaha terlihat sederhana tapi pembangunannya memerlukan proses yang panjang dan kerja keras.

"Benteng ini berada di atas bukit, tentunya untuk membangunnya cukup sulit karena harus mengangkut batu sebagai bahan benteng dari bawah ke atas bukit ini," ucapnya.

Sementara itu siswa lainnya Gery Melia Suwanda mengatakan jika di daerah mereka tidak ada benteng seperti Otanaha, dan ini adalah kunjungan pertama mereka ke benteng.

"Kunjungan ini sederhana namun berkesan, selain wisata sejarah benteng, pemandangan dari atas bukit ini sangat indah," ucapnya.

Ia mengaku lansekap di benteng ia bisa melihat perbukitan yang hijau, dan kedatangan ke Gorontalo sangat seru dan ingin kembali lagi.

"Apalagi pemandangan Danau Limboto dari atas sini, luar biasa indahnya, hamparan air di danau dan beberapa tempat lainnya seperti sedang melihat peta raksasa," pungkasnya.

Melalui SMN ini, siswa bisa belajar dan mengenal adat dan budaya dari setiap daerah, mengingat program BUMN Hadir Untuk Negeri, terlaksana di 34 provinsi seluruh Indonesia, yang difasilitasi langsung oleh BUMN.

Lewat program ini, para peserta maupun pemangku kepentingan diharapkan akan memiliki pandangan yang baik tentang BUMN diseluruh Indonesia, yang telah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa, melalui kerja nyata yang berdampak langsung pada masyarakat.

Baca juga: BUMN Hadir - SMN Kenali Jejak Sejarah Soekarno Di Gorontalo
Baca juga: BUMN Hadir - SMN Lampung Dikenalkan Penjualan UMKM Online di Gorontalo
Baca juga: BUMN Hadir - Jamkrindo dan Perumnas Kenalkan BUMN ke Siswa Asal Lampung
Baca juga: BUMN Hadir - SMN Belajar Musik Bambu di "Banthayo Poboide"
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018