Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo tahun 2013 ini menyiapkan anggaran sebesar Rp4 miliar untuk membangun infrastruktur pertanian yang sangat dibutuhkan di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo Zukri Harmain, Selasa, mengatakan bahwa pemerintah daerah sedang membuka akses jalan baru untuk peningkatan produksi pertanian serta membangun embung untuk pengairan.

Anggaran ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus dan Umum (DAK dan DAU), dimana pengerjaan pembangunan fisik untuk sektor pertanian telah terealisasi 30 persen.

Proyek itu terdiri atas peningkatan dan pembuatan jalan tani sepanjang 12 kilometer di beberapa titik wilayah kecamatan.

Pemerintah daerah juga memiliki anggaran sebesar Rp600 juta untuk pembangunan lima unit embung yang ditargetkan akan rampung pada bulan April.

Pembangunan infrastruktur pertanian ini diharapkan akan mendorong peningkatan produksi dan produktivitas lahan pertanian sehingga target yang ditetapkan bisa tercapai.

Salah satu kendala petani dalam meningkatkan produktivitasnya adalah keterbatasan sumber pengairan serta akses ke pasar untuk menjual hasil produksi.

Pewarta: Oleh Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013