Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Nurjanah Yusuf, di Gorontalo, Rabu, menilai komunikasi antarlembaga penting ditingkatkan untuk memacu pembangunan di daerah itu.

"Koordinasi antarlembaga perlu ditingkatkan agar pembangunan  di daerah ini terealisasi tepat waktu dan sesuai rencana kerja," ujar Nurjanah.

Menurut dia, maksimalnya koordinasi antara lembaga khususnya DPRD dan pemerintah daerah akan berdampak pada pelaksanaan pembangunan sesuai harapan masyarakat.

"Jika pemerintah daerah mengalami kendala, tidak perlu ragu atau menunda melakukan komunikasi antarlembaga agar segera menemukan solusi," ujarnya.

Seringkali kata dia, terhambatnya pembangunan daerah karena sulitnya menemukan solusi akibat keengganan membangun komunikasi antarlembaga.

Ia berharap, periode tahun anggaran 2019 ini, pemerintah daerah mengintensifkan komunikasi dalam setiap tahapan pelaksanaan program pembangunan.
Ada tiga komisi di DPRD yang memiliki mitra kerja dengan organisasi perangkat daerah (OPD) yang bertanggungjawab penuh terhadap realisasi program pembangunan yang akan dijalankan.

Ia berharap, koordinasi antara komisi dan OPD itu terjalin baik dalam rangka kelancaran program pembangunan baik fisik maupun kegiatan layanan bagi masyarakat.

Nurjanah selaku Ketua Badan Anggaran DPRD tersebut pun meminta agar pemerintah daerah belajar dari pengalaman tahun anggaran sebelumnya.

"Kekurangan yang terjadi di tahun anggaran 2018, jangan terulang di tahun ini, agar geliat pembangunan semakin berdampak dan memacu pertumbuhan ekonomi secara merata dan signifikan," ucapnya.

Ia menambahkan, alokasi anggaran agar berjalan sesuai peruntukkan sebagaimana yang telah disetujui bersama.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019