Kampus II Universitas Ichsan (Unisan) Gorontalo di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo secara resmi menutup penerimaan mahasiswa baru berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Nomor 220/UNISAN-G/SK/V/2019 tentang pemberhentian penerimaan mahasiswa baru di luar kampus induk.

Rektor Universitas Ichsan Gorontalo, Dr. Abdul Gaffar La Tjokke M.Si di Gorontalo, Sabtu, mengatakan sesuai dengan SK tersebut maka pada tahun akademik 2019/2020 penerimaan mahasiswa baru Unisan kampus II Pohuwato resmi ditutup.

"Hal ini dilakukan dengan berbagai pertimbangan, disamping memperhatikan imbauan Kemenristek Dikti dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah IX Sulawesi," ujarnya.

Selain itu juga di Kabupaten Pohuwato telah resmi berdiri Universitas Pohuwato dengan SK Pendirian SK Kemenristekdikti Nomor 985/KPT/I/2018., Yang sama bernaung di bawah Yayasan Pengembangan Ilmu Pengentahuan dan Teknologi (YPIPT) Ichsan.

"Dengan adanya imbauan tersebut maka secara resmi kami tidak menerima mahasiswa baru lagi di kampus ll UNISAN di Kabupaten Pohuwato, dan memusatkan penerimaan mahasiswa baru untuk Universitas Ichsan Gorontalo pada tahun akademik 2019/2020 di kota Gorontalo," tambahnya.

Ia mengaku jika Yayasan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (YPIPT) Ichsan telah membina empat kampus yang berbeda, yaitu Universitas Ichsan Gorontalo dan STMIK Ichsan Kota Gorontalo, STIE Ichsan Pohuwato, dan terakhir Universitas Pohuwato.

"Keberadaan keempat kampus dibawah naungan YPIPT Ichsan didasari dengan pertimbangan untuk memberikan kesempatan seluas luasnya kepada masyarakat untuk mengenyam pendidikan tinggi," ungkapnya.

Pengembangan kampus dilakukan dengan memperhatikan proporsi keberadaan sarana dan prasarana sebagai pendukung infrastruktur kampus dan keberadaan dosen yang telah memenuhi kualifikasi yang telah dipersyaratkan.

"Dengan pertimbangan pengelolaan yang lebih efektif dan tuntutan kebijakan yang ditetapkan oleh Kemenristek Dikti, maka Perguruan Tinggi dibawah naungan YPIPT Ichsan berusaha mengikuti dan mematuhi kebijakan tersebut," jelasnya.

Ia menambahkan, salah satu langkah konkrit yang dilakukan adalah dengan memusatkan penerimaan mahasiswa baru untuk Universitas Ichsan Gorontalo pada tahun akademik 2019 di kota Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019