Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Ridwan Yasin, memastikan pelaksanaan pembangunan sekolah melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan tahun 2019, mulai dilaksanakan.

"Kami sudah melaksanakan peletakan batu pertama sebagai tanda awal pelaksanaan pembangunan sekolah bersumber DAK secara serentak, dengan total dana sebesar Rp13 miliar," ujar Ridwan, usai peletakan batu pertama di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Anggrek, Kecamatan Anggrek.

Ia mengaku bersyukur, untuk kesekian kalinya pemerintah pusat mengucurkan DAK untuk pembangunan infrastruktur sekolah di daerah itu.

"Masih banyak sekolah di daerah ini yang memerlukan bangunan sekolah yang representatif, serta banyak desa di wilayah terpencil yang memerlukan unit sekolah baru karena akses pendidikan yang sulit diperoleh," ujarnya.

Maka, kata dia, perhatian pemerintah pusat dalam menaikkan alokasi DAK untuk pemenuhan infrastruktur sekolah yang memadai, sangat diapresiasi pemerintah daerah melalui kerja nyata untuk menyukseskan realisasi pembangunan sesuai target.

"Kami akan mengawasi total pembangunan bersumber dari DAK ini, sebagai upaya meningkatkan infrastuktur pendidikan sesuai harapan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo, Sofyan Djaidjun yang juga menjabat asisten III pemerintahan daerah itu mengatakan, 53 paket pekerjaan tersebar di sekolah-sekolah penerima bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu, dipastikan telah dimulai.

" Sekda sudah melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan tahap awal di seluruh sekolah penerima DAK," ujar Sofyan.

Sekolah-sekolah tersebut di antaranya SDN 4 Anggrek, yang mendapatkan alokasi sebesar Rp999,8 juta untuk pembangunan 2 unit ruang kelas baru, 1 unit mushala, 1 unit rumah dinas guru dan 1 unit rumah dinas kepala sekolah, serta 1 unit perpustakaan.

Semangat dan optimisme dibangun seperti keberhasilan pada tahun anggaran 2018 lalu, tambah Sofyan, yang meyakini realisasi pembangunan bersumber dari DAK itu, akan tuntas sesuai target melalui metode pengawasan yang cukup intensif.

Kegiatan peletakan batu pertama itu, juga dihadiri kepala bidang pendidikan dasar, Irwan Usman, kepala sekolah SDN 4 Anggrek Asna Entengo bersama para guru, komite sekolah, tokoh agama dan masyarakat setempat.
Kegiatan peletakkan batu pertama pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) di Sekolah Dasar Negeri 4 Anggrek, Gorontalo Utara, oleh Sekda Ridwan Yasin, dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Sofyan Djaidjun, dan jajarannya. (Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019