Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo mencatat Nilai Tukar Petani (NTP) Provinsi Gorontalo pada bulan Juni naik 0,02 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"NTP Provinsi Gorontalo bulan Juni sebesar 102,76 naik dibandingkan pada bulan Mei 2021," ujar Kepala Badan Statistik Provinsi Gorontalo, Mukhamad Mukhanif di Gorontalo, Jumat.

Ia mengatakan jika peningkatan NTP Gorontalo meningkat cukup drastik, bahkan tertinggi dalam periode tiga tahun terakhir.

"Faktor yang mempengaruhi tentunya karena secara hitungan merupakan perbandingan indeks yang dibayar dengan indeks yang diterima," ungkapnya.

Menurut Hanif, hal itu terjadi karena ada kestabilan harga yang dikonsumsi oleh petani sehingga daya beli mereka naik, sementara dari sisi penerimaan ada peningkatan.

"Intinya adalah daya beli mereka naik dikarenakan harga cukup terkendali, apa yang dibayarkan itu cukup terkendali jadi sangat relevan sebenarnya dengan pengendalian harga juga untuk NTP," jelasnya.

Ia menambahkan, seandainya inflasi rendah maka harga-harga stabil dan sangat membantu petani dalam kesejahteraan mereka. 
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021