Tujuh Fraksi di DPRD Provinsi Gorontalo menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan APBD Provinsi Gorontalo Tahun Anggaran 2021. 

Persetujuan tersebut disampaikan oleh masing-masing juru bicara Fraksi pada Rapat Paripurna DPRD ke-58, dalam rangka pembicaraan tingkat I terhadap Ranperda Tentang Perubahan APBD Provinsi Gorontalo Tahun Anggaran 2021 secara virtual, Senin.

Dalam pandangan umumnya, seluruh Fraksi menyetujui Ranperda APBD Provinsi Gorontalo tahun anggaran 2021 namun tetap memberikan beberapa catatan dan masukan. 

Seperti halnya Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP),  yang menyarankan Pemprov Gorontalo perlu pengadaan alat untuk donor plasma konvalesen.

Sementara masukan dari Fraksi Gerindra terkait rendahnya realisasi PAD semester I tahun 2021 dan kenaikan belanja daerah Pemprov Gorontalo.

"Kesimpulannya mendengarkan semua pandangan umum fraksi, secara keseluruhan menyetujui dan selanjutnya dibahas lebih lanjut sesuai tatacara yang berlaku di DPRD Provinsi Gorontalo," kata Ketua DPRD Paris Jusuf.

Terhadap catatan beberapa Fraksi, ia meminta Gubernur Gorontalo Rusli Habibie untuk memberikan tanggapan dan jawaban. 

Gubernur Rusli memilih langsung menanggapi catatan-catatan atau masukan dari semua fraksi.

"Untuk masukan fraksi PPP, alat tersebut sudah ada di rumah sakit Aloei Saboe. Untuk usulan diadakan di rumah sakit Ainun, dapat menjadi pertimbangan dan akan dibahas dengan badan anggaran," ungkapnya.

Terkait rendahnya realisasi PAD semester I, Rusli menanggapi bahwa realisasi saat ini sudah 45,59 persen yang berarti masih di atas rata-rata realisasi nasional.

"Seharusnya pembahasan perubahan APBD ini sudah dibahas oleh tim banggar dan juga TPAD yang termasuk di dalamnya adalah anggota fraksi. Tapi ternyata masih ada saja catatan-catatan. Tetapi saya sangat berterimakasih untuk semua catatan dan masukannya," ujarnya.

Rapat paripurna itu juga diikuti oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim dari ruangan pribadinya. 

Sementara Sekdaprov Gorontalo Darda Daraba bersama seluruh ketua dan anggota DPRD berada di ruang rapat DPRD.*

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021