Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo kini memiliki Public Safety Center (PSC) 119 yang memberikan layanan cepat kesehatan untuk masyarakat secara gratis.

PSC tersebut memiliki ruang perawatan, ruang pusat pelayanan (service center) dan mobil operasional ambulans yang merupakan PSC kedua di Provinsi Gorontalo dan diresmikan pemanfaatannya oleh Bupati Bone Bolango, Hamim Pou.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou usai peresmian PSC 119, Sabtu, mengungkapkan dibangunnya PSC 119 merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Bone Bolango untuk menghadirkan layanan cepat kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan.

Misalnya, ada masyarakat yang terkena serangan jantung dan masyarakat awam yang tidak memiliki pengetahuan dasar, maka mereka bisa menghubungi PSC 119.

"Masyarakat akan dipandu langsung oleh petugas sebelum mereka mendapatkan pertolongan lanjutan baik di Puskesmas maupun rumah sakit," ungkap Bupati Hamim.

Hamim pun berharap masyarakat dapat memanfaatkan PSC 119 tersebut untuk mendapatkan layanan kesehatan secara cepat dan gratis tanpa memerlukan biaya.

Ia juga mengingatkan jika terjadi bencana, tim BPBD dapat berkomunikasi dengan 119 untuk segera mendapatkan tindakan dan pertolongan.

"Gedung ini sangat vital untuk keperluan masyarakat Bone Bolango," ujarnya.*

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022