Warga Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, antusias memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 RI, dengan mengikuti karnaval mengenakan berbagai tema kostum.

"Kami bangga menjadi bagian dari generasi bangsa yang turut memeriahkan HUT Kemerdekaan tahun ini. Apalagi momentum ini telah dapat kami nikmati lagi setelah pandemi COVID-19," kata Kepala Desa Zuriati, Kecamatan Monano, Rikson Lewo, di Gorontalo, Jumat.

Menurutnya, kemeriahan tersebut merupakan wujud semangat masyarakat dalam mensyukuri nikmatnya kemerdekaan di tahun ini.

Sehingga karnaval tidak sekadar dimeriahkan sebagai hiburan rakyat, namun menjadi bagian penting dalam mendukung pembangunan daerah.

Apalagi diikuti para perangkat desa, karang taruna, bahkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

"Ini bagian dari sejarah yang digelar di daerah. Meski di tingkat desa, namun kami berharap karnaval merayakan HUT Kemerdekaan menjadi semangat baru bagi masyarakat dalam menjalani kehidupan. Juga mendukung pembangunan daerah," imbuhnya.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Gorontalo Utara, Mikdad Yeser mengatakan, kegiatan karnaval perlu didukung.

Apalagi digelar hanya sekali setahun. "Kami pun anggota DPRD sangat bergembira dan memilih ikut sebagai peserta. Sebab berada di tengah-tengah masyarakat bukan hanya kewajiban namun sebagai sikap syukur dapat merasakan nikmat kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pejuang atau pahlawan bangsa," katanya.

Ia berharap, kegiatan tersebut tetap lestari di setiap peringatan Kemerdekaan pada 17 Agustus.***
Karnaval rakyat Desa Zuriati Kecamatan Monano, Gorontalo Utara dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-77 RI, pada 17 Agustus 2022. (ANTARA/HO-humas pemerintah desa Zuriati).

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022