Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, optimistis jumlah pendaftar panitia pengawas pemilihan umum kecamatan (panwascam) di daerah itu, akan terus meningkat.

"Hingga saat ini, atau sejak masa pendaftaran dibuka pada 21 September 2022, jumlah pendaftar yang mengantar langsung berkas lamaran telah mencapai 52 orang," kata Ketua Bawaslu Gorontalo Utara, Lius Ahmad, di Gorontalo, Sabtu.

Sejauh ini kata dia, pendaftar didominasi dari wilayah ibu kota kabupaten di Kecamatan Kwandang. Jumlahnya telah mencapai 10 orang.

Sementara pendaftar dari kecamatan lainnya, masih lebih sedikit. Juga dari Kecamatan Atinggola yang ada di wilayah timur kabupaten, belum ada pendaftar.

Sedangkan Kecamatan Sumalata, di wilayah barat baru terdapat 1 pendaftar. Total kecamatan di daerah ini, sebanyak 11 wilayah.

Dan keperluan panwascam di setiap kecamatan, sebanyak 3 orang. Pihaknya kata Lius, masih terus menunggu pendaftar untuk rekrutmen yang akan dibuka hingga tanggal 27 September 2022 tersebut.

Mengingat syarat jumlah pendaftar adalah dua kali dari keperluan. Artinya, minimal ada 6 pendaftar dan minimal pula, terdapat 2 orang perempuan di setiap kecamatan.

Jika keperluan tersebut belum terpenuhi, maka akan ada satu kali masa perpanjangan pendaftaran.

Ia memastikan, pihaknya akan terus sosialisasikan rekrutmen panswascam untuk Pemilu serentak 2024 ini, dan tetap optimistis jumlah pendaftar akan terus meningkat hingga batas waktu masa pendaftaran dibuka.

Berbagai platform media sosial digunakan untuk publikasi tersebut. Termasuk sosialisasikan melalui alat peraga diantaranya baliho, yang dipampang di tempat strategis yang mudah diakses.

Masyarakat pun bisa mengirimkan berkas lamaran melalui link https://gorontaloutara.bawaslu.go.id.

Lius juga memastikan, pihaknya tetap membuka layanan pendaftaran tersebut di libur akhir pekan.

"Meski libur hari Sabtu dan Minggu, kami tetap membuka pelayanan dan menantikan setiap pendaftar yang akan mengantarkan berkas secara langsung ke kantor Bawaslu Kabupaten di Desa Molingkapoto, Kecamatan Kwandang," katanya.***
Salah seorang pendaftar mengantarkan langsung berkas lamaran ke kantor Bawaslu Gorontalo Utara, memanfaatkan masa pendaftaran rekrutmen panwascam untuk Pemilu serentak tahun 2024. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022