Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) ICHSAN Gorontalo Utara, menjalin kerja sama di bidang pendidikan pemilu.

"Kerja sama ini merupakan wujud kepedulian dan partisipasi para pihak dalam rangka memberikan sumbangan baik dalam kemajuan ilmu pengetahuan, manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. Terutama dalam rangka penyelenggaraan pemilu bidang pengawasan," kata ketua Bawaslu Gorontalo Utara, Lius Ahmad, di Gorontalo, Kamis.

Kerja sama itu juga untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, pendidikan, pengabdian, yang sesuai dengan fungsi masing-masing, baik Bawaslu selaku penyelenggara pemilu maupun  STIH ICHSAN selaku pihak perguruan tinggi.

Sangat diharapkan, kerja sama yang terjalin selama 1 tahun tersebut, dapat memberi dukungan terhadap kemajuan demokrasi, mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara.

Disamping untuk peningkatan partisipasi masyarakat, khususnya masyarakat ilmiah atau masyarakat akademisi yang akan berperan dalam membantu pengawasan pemilu atau pemilihan di daerah ini.

Bawaslu sebagai lembaga pengawas penyelenggaraan pemilu, kata Lius pula, sangat mendorong peningkatan ilmu pengetahuan khususnya dalam penelitian dan pengabdian.

Sehingga ke depan ada mahasiswa yang bisa dimagangkan di Bawaslu setempat, untuk mempertajam dan mendalami ilmu-ilmu tentang pemilu yang berhubungan dengan penelitian mahasiswa dan pengabdian dosen.

Termasuk penelitian, pelatihan dan riset bersama baik berhubungan dengan akademik dan pengawasan pemilu.

Ketua STIH ICHSAN Gorontalo Utara, Dr Fatma Ngabito, mengatakan, sangat antusias menjalin kerja sama tersebut.

Mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu di bidang pendidikan dan pengajaran, bidang pengabdian kepada masyarakat dan bidang penelitian.

Seperti di bidang pendidikan dan pengajaran ada bentuk kolaborasi, dimana Bawaslu dapat melakukan sosialisasi tentang apa saja di bidang pemilu yang bisa disampaikan kepada mahasiswa dan dosen atau lingkungan akademik.

Bentuk pengabdian berkolaborasi seperti mengundang tim akademisi untuk bersama-sama menyampaikan materi.

Serta pengabdian tentang informasi dan transparansi tentang pemilu melalui proses informasi secara terbuka.

Juga publikasi bersama seperti membuat jurnal, buletin dan berita-berita yang kemungkinan akan diterbitkan.

STIH ICHSAN merupakan perguruan tinggi di Gorontalo Utara yang sementara mempersiapkan penggabungan dengan STIMIK menjadi Universitas Gorontalo Utara.***
Ketua Bawaslu Gorontalo Utara, Lius Ahmad bersama ketua STIH ICHSAN Gorontalo Utara, Dr Fatma Ngabito, melakukan penandatanganan kerja sama di bidang pendidikan pemilu. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022