Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo Deisy Sandra Maryana Datau mengemukakan bahwa pelestarian lingkungan di daerah itu harus dilakukan secara masif.

"Artinya, gerakan menanam pohon harus serentak agar tujuan penghijauan dalam upaya melestarikan lingkungan dapat benar-benar tercapai menyeluruh," kata Deisy Sandra di Gorontalo, Selasa.

Ia mengatakan gerakan penghijauan menjadi perhatian lembaga tersebut, sehingga setiap anggota DPRD turun di daerah pemilihan masing-masing, digerakkan untuk berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan serta masyarakat untuk diajak menanam bibit pohon.



Sebab, mendukung pemulihan dan pelestarian lingkungan, khususnya di daerah ini harus serentak. Jika tidak, alam yang rusak akan terus mendatangkan bencana yang tidak diinginkan.

Hal itu akibat kurangnya perhatian dan merawat lingkungan, di antaranya melalui gerakan menanam bibit pohon sebanyak-banyaknya, terutama di sepanjang daerah aliran sungai. Ia berharap tidak hanya menanam, gerakan tidak membuang sampah, khususnya sampah plastik harus terus digalakkan.

"DPRD pasti memberi dukungan penuh, termasuk pada pengajuan alokasi anggaran untuk pemulihan dan pelestarian lingkungan di daerah ini," katanya.

Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu mengatakan pemerintah daerah terus menggalakkan program penghijauan dengan menanam bibit pohon sebanyak-banyaknya.

Kerja sama lintas sektor pun dilakukan agar di setiap kegiatan yang digelar di luar gedung untuk memprioritaskan gerakan menanam bibit pohon.

"Kami mengimbau kepada aparatur untuk mencontohkan, kalau makan buah agar bijinya langsung ditanam. Apalagi, musim hujan sudah pasti tanaman mudah tumbuh subur," katanya.



Selain program membangun infrastruktur, kata Thariq, pemerintah daerah berupaya memulihkan lingkungan dengan mengajak setiap warga untuk memanfaatkan lahan pekarangan, lahan kosong maupun wilayah perbukitan di sekitar permukiman untuk ditanami bibit pohon.

Gerakan itu, katanya, tidak sekadar menjadi upaya mencegah kerusakan lingkungan yang menyebabkan banjir dan tanah longsor di daerah ini.

Namun, upaya bersama dalam memulihkan alam sebagai bentuk kepedulian yang tinggi dalam mewujudkan lingkungan sehat dan kelangsungan hidup bahagia bagi setiap warga di daerah ini.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022