Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Koordinator Wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua Edwin Permadi menyebut responden memiliki peran dalam memberikan gambaran kondisi perekonomian terkini di Provinsi Gorontalo.

Hal itu diungkapkan Edwin Permadi pada Temu Responden 2022 yang digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Selasa.

Menurutnya, tanpa adanya data dan informasi yang diberikan oleh responden dalam berbagai survei yang Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, tentunya BI tidak akan dapat mengetahui gambaran kondisi perekonomian terkini di Provinsi Gorontalo.

"Tanpa mengetahui gambaran perekonomian, kami juga tidak dapat memberikan 'insight' kepada kantor pusat kami dalam menyusun kebijakan di pusat, maupun program kerja di daerah," ucap Edwin.

Kegiatan Temu Responden merupakan bentuk apresiasi Bank Indonesia kepada para responden survei kantor perwakilan BI Gorontalo yang kerja sama secara baik dalam penyediaan data selama tahun 2022.

Yang terdiri atas responden Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), Survei Penjualan Eceran (SPE), Survei Pemantauan Harga (SPH), dan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), SKPD Pemerintah Provinsi Gorontalo, dan pimpinan perbankan di daerah itu.

Pada kegiatan tersebut, Edwin Permadi membawakan sambutan yang menyorot potensi pariwisata Gorontalo, pertumbuhan ekonomi Triwulan berjalan, 'outlook' inflasi ke depan.

Serta menjelaskan pentingnya peran pelaku usaha dalam penyampaian data ekonomi kepada BI dalam merumuskan asesmen kebijakan saran kepada pemerintah.

Temu Responden 2022 juga dimeriahkan oleh pemberian apresiasi kepada tiga responden dan satu surveyor terbaik yang diberikan oleh Plt. Kepala Perwakilan BI Provinsi Gorontalo, Miftahul Huda kepada PT Togo Jaya, Gelael Supermarket Gorontalo, PT Royal Coconut Gorontalo dan Selviani Bawode dari PT Sigma Research Indonesia.

Untuk memperkenalkan dan mendekatkan BI dengan pemangku kebijakan, dilaksanakan juga Talkshow tentang Tugas Bank Indonesia dengan dua narasumber, yaitu Kepala Tim Relasi dan Publikasi Internal Departemen Komunikasi Bank Indonesia Oikos Mando Panjaitan dan Rivo Mandey selaku Manajer Pengembangan UMKM dan Data Statistik KPwBI Provinsi Gorontalo. 

Materi yang dibawakan adalah pengenalan kebanksentralan kepada pelaku usaha, peran BI di daerah, serta pendalaman terkait survei-survei yang selama ini dijalankan oleh KPwBI Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022