Kepolisian Resor (Polres) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menangani kemacetan lintas Sulawesi akibat terhalang truk tergelincir di tanjakan Puncak Pontolo, Kecamatan Kwandang.

"Truk yang mengangkut alat berat tergelincir di tanjakan lintas Sulawesi Puncak Pontolo, mengakibatkan kemacetan panjang akibat jalan tertutup badan truk," kata Kasat Lantas Polres Gorontalo Utara, Iptu Nurmaya Kasim, di Gorontalo, Jumat.

Panjang truk tak sebanding dengan lebar jalan, menyebabkan oleng akibat bagian ban belakang jatuh ke bahu jalan saat akan berbelok di tanjakan.

Beruntung kata dia, tidak terdapat korban jiwa dalam insiden tersebut. Meski kemacetan panjang terjadi sejak siang pukul 11.30 WITA, akibat kendaraan dari dua arah tidak dapat melintas.

"Alat dari wilayah Bolmong Utara, Sulawesi Utara, diarahkan untuk mengevakuasi truk tersebut," kata Nurmaya.

Disamping telah melakukan rekayasa buka tutup jalan untuk mengurai kemacetan lalu lintas.

Warga Gorontalo Utara, Kecamatan Kwandang, Safrudin (34), mengatakan, peningkatan ruas jalan Pontolo tersebut perlu dilakukan mengingat kerawanan kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi.

"Ruas jalan di Puncak Pontolo merupakan perlintasan Sulawesi yang tidak memiliki jalan alternatif. Serta di jam-jam tertentu, banyak dilalui kendaraan besar dan bermuatan berat khususnya dari arah Pelabuhan Anggrek. Sehingga jalan perlu diperlebar," kata dia.

Kondisi jalan yang sempit dan cukup terjal, perlu menjadi perhatian pemerintah, agar dapat menekan insiden serupa.

"Kami berharap, kondisi jalan ini dapat ditingkatkan secepatnya, untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang didominasi truk tergelincir bahkan terbalik," katanya.***
Kondisi truk tergelincir di Puncak Pontolo, Kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara, pada Jumat (16/12/2022). (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022