Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mempercepat pencapaian desa mandiri melalui upaya pembangunan desa tertinggal.

"Percepatan pembangunan desa tertinggal sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, di Gorontalo, Senin.

Harapan pemkab kata dia, seluruh desa tersebar di 11 kecamatan, segera meningkat status menjadi desa mandiri.

Sehingga penting bagi pemerintah daerah untuk melakukan intervensi melalui kebijakan strategis yang akan mempercepat pembangunan menuju desa maju dan mandiri yang berkelanjutan dan berbasis Sustainable Development Goals (SDGs).

Ia mengatakan, desa memiliki peran strategis dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa itu sendiri, maupun pencapaian kualitas hidup manusia di seluruh wilayah kabupaten ini.

Sehingga sangat perlu melakukan upaya penanggulangan kemiskinan. Mengingat penurunan angka kemiskinan, menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan desa berkelanjutan.

Masyarakatnya sejahtera, pendidikan berjalan dengan baik, derajat kesehatan naik, dan pendapatan masyarakat pun naik, merupakan beberapa indikator pencapaian.

"Saya berharap, pemerintah desa melakukan upaya pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana di desa, untuk percepatan capaian desa mandiri," katanya.

Ia berharap, pemerintah desa mengembangkan potensi ekonomi lokal serta pemanfaatan sumber daya alam (SDA), juga pembangunan berbasis ramah lingkungan secara berkelanjutan.

Kabupaten Gorontalo Utara saat ini memiliki 12 desa mandiri dari 123 desa tersebar di 11 kecamatan.

"Kita berharap, status desa mandiri terus meningkat dan tercapai merata di daerah ini," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023