Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo, melakukan evaluasi serapan anggaran triwulan IV Tahun Anggaran 2022, melalui rapat koordinasi dan evaluasi (rakorev) penyerapan anggaran, di ruang Dulohupa Kantor Gubernur, Selasa.

Rakorev dihadiri Bupati/Wali Kota atau yang mewakili, dipimpin Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer.

Kepala Biro Pengendalian Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Gorontalo, Sagita Wartabone, mengatakan, realisasi belanja APBD Provinsi Gorontalo per 31 Desember 2022, sebesar 91,36 persen atau sebesar Rp1,93 triliun dari PAGU Rp2,12 triliun. 

Ini di atas rata-rata nasional sebesar 90,29 persen. "Nampak pada presentasi realisasi pendapatan Tahun Anggaran 2022, juga berada di atas rata-rata nasional yaitu sebesar 103,21 persen. Intinya masih ada sisa anggaran pak gubernur meski tidak banyak. Semoga tahun depan kita bisa capai 100 persen," kata Sagita.

Sementara untuk APBD Kabupaten/Kota hingga Desember 2022, realisasi fisik tertinggi dicapai oleh Kabupaten Boalemo sebesar 96,92 persen.

Sedangkan untuk realisasi keuangan tertinggi dicapai oleh Kabupaten Bone Bolango sebesar 93,08 persen.

"Alhamdulillah pelaksanaan pembangunan TA 2022 sudah selesai dilaksanakan. Diharapkan masyarakat bisa menikmati pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan dan menurunkan angka kemiskinan di Provinsi Gorontalo," katanya.

Setelah berakhirnya pelaksanaan program kegiatan Tahun Anggaran 2022, ia menginstruksikan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), satuan kerja (Satker), dan Bupati/Wali Kota, agar dapat mempertajam kembali fokus objek sasaran program kegiatan di Tahun Anggaran 2023.

Cermati kembali data perencanaan dan hasil identifikasi, terutama data kemiskinan agar mampu memberikan dampak signifikan.

"Diharapkan kepada kita semua, pengelola anggaran agar seoptimal mungkin melakukan kegiatan non konstruksi yang memungkinkan terjadinya penyerapan anggaran pada triwulan I tahun 2023 sesuai target yang ditetapkan," katanya pula.

Dalam kesempatan itu, Hamka berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten/Kota yang turut membantu menekan angka inflasi Provinsi Gorontalo.

"Kita berhasil menduduki urutan ke 8 inflasi terendah se-nasional tahun 2022," imbuhnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023