Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menangani permasalahan gagal pertumbuhan pada anak atau stunting melalui aplikasi Sistem Informasi Cegah Stunting Kabupaten Gorontalo Utara (Si Cantik).

"Aplikasi tersebut kita beri nama Sistem Informasi Cegah Stunting Kabupaten Gorontalo Utara atau Si Cantik," kata Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu di Gorontalo, Senin.

Dia mengatakan aplikasi Si Cantik akan memudahkan penanganan stunting dengan cepat dan akurat, seperti dilakukan antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Umar Sidiki Kabupaten Gorontalo Utara.

Aplikasi Si Cantik bisa mengakses data nama dan alamat warga secara langsung di lokasi penanganan sehingga masyarakat yang berobat ke rumah sakit, tinggal memasukkan nama atau nomor induk kependudukan (NIK), akan langsung terlihat apakah termasuk dalam data penanganan stunting.

Selain itu, aplikasi tersebut memudahkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) pada beragam pertemuan untuk mempercepat penanganan.

"Nggak perlu bawa bundelan data atau berkas. Dengan aplikasi ini akan memudahkan percepatan penanganan stunting secara cepat dan tepat," kata dia.

Ia meminta seluruh OPD, seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bagian Hukum, Bagian Keuangan, Dinas Kesehatan, dan Kominfo, terlibat dalam penanganan sunting terkait dengan aplikasi itu.

"Agar pada percepatan penanganan stunting, lebih pada melakukan intervensi anggaran yang memang benar-benar dapat dimanfaatkan sebagaimana lokasi fokus (lokus) untuk memudahkan capaian penanganan," katanya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023