Kepolisian Resor (Polres) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, memperkuat peran Bhabinkamtibmas yang ditempatkan di setiap desa di wilayah hukum tersebut.

Hal itu dikatakan Wakapolres Gorontalo Utara, Kompol Lesman Katili, pada kegiatan 'Jumat Curhat' yang digelar di Dusun Dungalio, Desa Pontolo, Kecamatan Kwandang.

"Kami sangat merespon aspirasi aparat desa dan masyarakat yang berharap agar peran Bhabinkamtibmas dapat lebih aktif untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah tersebut. Khususnya dalam penyelesaian masalah yang seringkali terjadi di lingkungan masyarakat. Ini memang menjadi perhatian Kepolisian. Sebab persoalan di tingkat desa diharapkan diselesaikan secara baik dan musyawarah. Itulah fungsi keberadaan Bhabinkamtibmas, sehingga untuk persoalan yang dapat diselesaikan secara musyawarah, tak perlu dilaporkan ke kantor polisi. Meski pihak Polres akan sangat merespon cepat setiap laporan yang masuk," kata Wakapolres, di Gorontalo, Jumat.

Ia mengapresiasi sikap proaktif pemerintah Desa Pontolo, yang memasang perangkat CCTV di beberapa titik strategis.

"Ini sangat membantu terwujudnya desa dengan sistem keamanan lingkungan yang baik, sehingga mewujudkan daerah aman dan kondusif," katanya pula.

Ia memastikan, Bhabinkamtibmas yang tersebar di 123 desa di 11 kecamatan, akan terus meningkatkan tugas dan tanggungjawab, termasuk memastikan kamtibmas tetap terjaga selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah/2023.

Wakapolres pun berjanji, akan mengevaluasi kinerja para Bhabinkamtibmas di setiap desa.

Ia menyebut, kegiatan Jumat Curhat merupakan bentuk peran Kepolisian dalam membangun hubungan kemitraan dan pelayanan kepada masyarakat serta menjadi agenda rutin dalam mendengar, menampung, dan mencarikan solusi terbaik dari curahan hati masyarakat.

Wakapolres didampingi Kabag Ops AKP Syarlis, KBO Sat Intelkam IPDA Roman Sunge, Paur Dalops IPDA Roni Muhidin, Kasie Penmas IPDA Ishak Tomayahu, serta dihadiri Kepala Desa Pontolo, Yun Fransiska Abd Gias.***
Wakapolres Gorontalo Utara, Kompol Lesman Katili, bersama jajaran, pada kegiatan 'Jumat Curhat' yang digelar di Dusun Dungalio, Desa Pontolo, Kecamatan Kwandang, pada Jumat, 31/3/2023. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023