Kepolisian Resor (Polres) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, dilakukan tim Reserse Mobile (Resmob) berhasil mengamankan terduga pelaku pencurian kendaraan bermotor beserta dua unit barang bukti motor.

Kasat Reskrim Polres Gorontalo Utara, AKP Mohamad Adam di Gorontalo, Selasa mengatakan terduga GP alias Gias diamankan tim Resmob Polres di Desa Iloheluma, Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara.

Usai mengamankan terduga pelaku, pihaknya kata Mohamad, langsung melakukan pengembangan terkait keberadaan barang bukti hasil kejahatan yang sudah dijual ke orang lain.

"Hasil pengembangan mendapatkan satu unit motor jenis Yamaha Mio M3 di wilayah Kota Tengah, Kota Gorontalo. Juga satu barang bukti lainnya yang berada di Desa Mohiyolo, Kecamatan Asparaga, Kabupaten Gorontalo. Barang bukti pun berhasil diamankan setelah diakui terduga pelaku," katanya.

AKP Mohamad Adam mengatakan terduga pelaku mengakui bahwa salah satu motor yang dicurinya telah dijual ke Harun Ladju di Desa Paris, Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo.

"Setelah kami usut, ternyata yang bersangkutan Harun sedang bekerja di Kecamatan Asparaga. Kami bergegas menuju tempat kerja yang dimaksud untuk mengamankan barang bukti tersebut," katanya.

Mantan Kasat Narkoba Polres Gorontalo itu mengatakan barang bukti motor tersebut sangat cepat berpindah tangan.

"Kami melacak kemudian secepatnya mengamankan barang bukti," katanya.

Terduga pelaku dan barang bukti telah diamankan di Kepolisian Sektor (Polsek) Anggrek di Kecamatan Anggrek, untuk proses hukum selanjutnya.

AKP Mohamad Adam mengatakan, tindak pidana pencurian motor termasuk salah satu kejahatan yang banyak dilaporkan warga di daerah itu. Modus yang dilakukan pun dengan cepat memindah tangankan (dijual) agar tidak terlacak.

Beberapa peristiwa pencurian motor terjadi di kawasan pasar tradisional diantaranya pasar Moluo Kwandang, akibat pemilik sembarangan memarkir.

Ini perlu menjadi perhatian bagi para pemilik kendaraan bermotor.

Ia berharap masyarakat dapat lebih waspada memarkir kendaraan. "Jangan lupa menggunakan areal parkir aman dan terjaga jika berada di keramaian atau pusat perbelanjaan. Kunci kendaraan agar aman," katanya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023