Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo, optimistis pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di daerah itu dapat berjalan sukses.

"Kita wajib optimistis di tengah tantangan yang kita hadapi khususnya dalam soal penganggaran," kata Asisten Administrasi Umum Pemkab Gorontalo Utara Marzuki Tome di Gorontalo, Jumat.

Ia mengatakan kabupaten satu-satunya di wilayah Utara Provinsi Gorontalo ini termasuk daerah dengan letak geografis yang unik sebagai daerah pesisir.

Namun sejak Pilkada pertama di Tahun 2008 pelaksanaan pesta demokrasi ini mampu berjalan dengan baik dan sukses.

"Ini patut kita syukuri. Olehnya harus terus mengajak masyarakat untuk membangun optimisme bahwa pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 dapat berlangsung sukses," katanya.

Pemkab, katanya memastikan pelibatan peran serta masyarakat di setiap tahapan. Mengingat khususnya penyelenggaraan Pilkada 2024 di daerah pesisir tergolong unik dari aspek keterjangkauan khususnya sosialisasi terhadap setiap pelaksanaan tahapan. Mengingat ada beberapa wilayah kecamatan di perbatasan berada jauh dari pusat pemerintahan.

Ketersediaan internet mengingat beberapa wilayah masih mengalami "blank spot", pendistribusian logistik yang potensial terkendala kondisi geografis akibat jarak dan kondisi alam mengingat ada wilayah kecamatan kepulauan, serta desa di wilayah darat namun hanya dapat diakses dengan transportasi laut, ketersediaan SDM dan berbagai tantangan yang dihadapi penyelenggara.

"Beragam tantangan tersebut harus kita hadapi bersama. Pemkab tentu akan berupaya ikut memaksimalkan peran masyarakat untuk menyukseskan Pilkada," katanya.

Pemkab pun, kata dia, akan ikut menguatkan literasi terkait Pemilu dan Pilkada. "Kita sukseskan pemilu juga pilkada di daerah ini," kata Marzuki.

Menurutnya, peran serta masyarakat dan semua pemangku kepentingan adalah kunci sukses dalam Pemilu maupun Pilkada 2024 sebagai pesta demokrasi memilih para pemimpin daerah di wilayah pesisir ini.

Olehnya, kata dia pula, upaya alokasi anggaran yang disesuaikan dengan kemampuan daerah terus dilakukan agar anggaran mutlak tersebut benar-benar terpenuhi untuk kesuksesan khususnya pelaksanaan Pilkada 2024.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023