Akademi Usaha Perikanan (AUP)/Sekolah Tinggi Perikanan (STP) sangat mendorong kemajuan industri perikanan di Provinsi Gorontalo.

"Kami menggelar Musyawarah Wilayah Korps Alumni AUP/STP Gorontalo II di Kota Gorontalo yang dilaksanakan oleh Musyawarah Wilayah Korps Alumni (Koral) AUP/STP Jakarta, untuk memilih pengurus wilayah Koral AUP/STP Gorontalo periode 2024 hingga 2029," kata Ketua Wilayah Korps Alumni (Koral) AUP/STP Gorontalo Adit Rafiq Ahmad, A.Pi, di Gorontalo, Minggu.

Menurutnya organisasi ini tidak hanya menjadi wadah berhimpun para birokrat dari sekolah kedinasan tersebut, namun sangat mendorong kemajuan industri perikanan di Gorontalo, dalam program perikanan tangkap maupun budidaya.

Untuk saat ini alumni AUP/STP Gorontalo sebanyak 112 orang, tersebar di seluruh Wilayah Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo.

Akademi Usaha Perikanan (AUP)/Sekolah Tinggi Perikanan (STP) merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Saat ini Alumni AUP/STP banyak berperan dalam mengembangkan sektor kelautan dan perikanan di Provinsi Gorontalo.

Selain menjadi birokrat, akademisi alumni AUP/STP juga berprofesi sebagai pengusaha di sektor perikanan.

Pada musyawarah wilayah ini, selain untuk membentuk kepengurusan baru juga dijadikan wadah untuk menjalin komunikasi, koordinasi dan sinergi dalam mendukung pengembangan dunia kelautan dan perikanan khususnya di Gorontalo.

Organisasi Koral AUP/STP terstruktur secara berjenjang mulai dari pengurus di tingkat pusat sampai dengan pengurus wilayah di daerah. Pada kegiatan tersebut turut dihadiri perwakilan pengurus pusat Koral AUP/STP dan sesepuh Koral AUP/STP.

Musyawarah wilayah ini memilih pengurus wilayah Koral AUP/STP Gorontalo periode 2024 hingga 2029.

Adit Rafiq Ahmad, A.Pi berhasil terpilih sebagai ketua Koral AUP/STP Provinsi Gorontalo.

Ia mengharapkan dukungan dari semua anggota alumni AUP/STP untuk bersama-sama bersinergi dengan pemerintah Gorontalo dalam mengembangkan sektor kelautan dan perikanan.

Mengingat untuk mengembangkan sektor kelautan dan perikanan, seluruh pemangku kepentingan terkait harus tetap berpegang pada semboyan AUP/STP yaitu laut adalah sumber kehidupan 'Jalanidhita Sarva Jivitam.

Artinya kata dia, kegiatan pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan harus dilaksanakan secara cermat dan berkelanjutan.***
Musyawarah Wilayah Korps Alumni AUP/STP Gorontalo II di Kota Gorontalo yang dilaksanakan oleh Musyawarah Wilayah Korps Alumni (Koral) AUP/STP Jakarta, untuk memilih pengurus wilayah Koral AUP/STP Gorontalo periode 2024 hingga 2029, pada Minggu (24/2). (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024