Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya mengatakan sangat perlu membangkitkan ekonomi berbasis syariah dan mendorong kemandirian-nya.

"Saya berharap Pengurus Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren) Gorontalo dapat meningkatkan ekonomi berbasis syariah yang mandiri," kata Gubernur Ismail Pakaya di Gorontalo, Sabtu.

Ia menghadiri pelantikan pengurus Hebriten di Galeri UMKM Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo.

Menurutnya dalam upaya memperbesar usaha pesantren, pengurus Hebitren Gorontalo harus bisa membuka peluang kerjasama dengan berbagai instansi termasuk Bank Indonesia, Dinas Pertanian, dan Dinas Pangan.

Semua harus siap untuk memberikan bantuan dalam memfasilitasi usaha pertanian dan kelautan, serta berkomitmen untuk mengatasi kendala yang dihadapi.

Pelantikan pengurus Wilayah Hebitren Provinsi Gorontalo itu berlangsung dengan khidmat.

Dalam kegiatan itu, janji dan komitmen untuk aktif dalam pengembangan pesantren dan kerjasama antar pesantren dibahas dengan serius.

Kerjasama antar pesantren diharapkan dapat meningkatkan kemandirian dan pertumbuhan ekonomi lokal. Perhatian terhadap pesantren juga ditekankan.

Terdapat upaya untuk memperkuat kerjasama dan kolaborasi antar-pesantren dalam berbagai sektor, seperti pertanian dan koperasi. Ini dianggap penting karena bisnis ini berkaitan dengan kepercayaan.

"Pengurus Hebitren Gorontalo juga harus menyoroti peran pesantren dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Gorontalo. Bisa mempromosikan produk-produk lokal seperti gula merah, minyak kelapa, madu, dan kerajinan seperti Karawo sebagai potensi ekonomi yang perlu diperhatikan," kata Gubernur.

Ia mengajak seluruh masyarakat Gorontalo untuk bersatu dalam meningkatkan kesejahteraan dan mengatasi kemiskinan.

Dengan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik, secara optimis Gorontalo dapat keluar dari status sebagai salah satu provinsi termiskin di Indonesia dan mampu memberikan pendidikan serta pelatihan yang berkelanjutan untuk generasi masa depan.

Pelantikan pengurus Hebriten Wilayah Gorontalo turut dihadiri Ketua DPP Pusat Hebitren KH. Hasib Wahab Hasbullah.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024