Bupati Bone Bolango, Provinsi Gorontalo Merlan Uloli menghadirkan inovasi Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa) untuk memberikan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di kabupaten setempat.

"Inovasi ini akan digelar di seluruh kecamatan dan dimulai dari Desa Bilungala, Kecamatan Bone Pantai," ucap Merlan Uloli di Kabupaten Bone Bolango, Sabtu.

Pada inovasi itu bupati berkantor di desa dan membuka banyak pelayanan, seperti pelayanan kesehatan, administrasi kependudukan, perpustakaan keliling, hingga pelayanan masyarakat miskin dan konsultasi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Pada kegiatan itu, Merlan juga melakukan penanaman bibit pohon serta peninjauan program pembangunan yang dibangun Pemda di Bonepantai, seperti peninjauan pembangunan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Desa Tunas Jaya.

Untuk pelayanan kesehatan di Desa Bilungala, tercatat 312 pasien menggunakan pelayanan pengobatan gratis Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango. Selanjutnya, pelayanan pencetakan 60 KTP elektronik, pembuatan lima akta kematian, tujuh akta kelahiran, dan 30 kartu keluarga.

Sementara itu, Dinas Kominfo juga ambil bagian, dengan memberikan penguatan program bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

"Alhamdulillah, kegiatan Bunga Desa berjalan dengan sukses dan lancar, ini program yang luar biasa, program ini akan menjadi prioritas dengan menyasar desa yang jauh dari kota," kata Merlan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024